Pages

Review Jurnal Fix

21 November, 2010


Review Jurnal
Tema / Topik      : Analisis Kepuasan
Judul                     : Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap KUMALA TAYLOR
Pengarang          : Galih Yogatama                               
                                  Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Tahun                   : 2009
Latar belakang dan Masalah : Perkembangan industry saat ini yang sangat pesat, sehingga para pengusaha kecil harus bisa mengetahui cara-cara agar dapat mengatasi persaingan terhadap perusahaan-perusahaan besar. Dalam bersaing perusahaan harus mengetahui karakteristik perilaku konsumen yang menginginkan pemenuhan kepuasan dari jas yang diberikan perusahaan. Peningkatan mutu terhadap kualitas produk dan jasa yang baik menjadi tujuan bagi para konsumen untuk dapat menentukan keputusan dalam pemakaian produk dan jasa tersebut. Oleh karena itu perlunya diadakan analisis untuk mengetahui kepuasan konsumen dari jasa yang telah diberikan perusahaan. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis Chi Square.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan KUMALA TAYLOR
Metodologi
·         Variabel : Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Harga, Waktu, Kecepatan Kerja, Kerapian Hasil Pekerjaan, Keterampilan Karyawan, Keramahan Karyawan, Perlakuan Komplain, Fasilitas, Pelayanan
·         Data : Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh berdasarkan penelitian kuesioner yang langsung terhadap 50 responden, yang dikatakan sebagai sampel dengan jumlah 10 pertanyaan selama periode bulan juni 2009, kemudian penyebaran kuesioner diolah menggunakan skala likert, yaitu :    Mutu Sangat Baik (SB) dengan skor 5 berarti Sangat Puas, Baik atau puas (B/P) dengan skor 4, Cukup Baik atau Cukup Puas (CB/CP) dengan skor 3, Kurang Baik atau Kurang Puas (KB/KP) dengan skor 2, Tidak Baik atau Tidak Puas dengan skor 1 dan dianalisis menggunakan Uji Chi Square.
·         Tahapan Penelitian : Dalam penelitian ini data didapat melalui observasi secara langsung untuk mengumpulkan kuesioner yang dibagikan pada 50 responden, sebagai sampel dengan memberikan 10 pertanyaan kemudian responden diminta untuk memberikan jawaban-jawaban yang paling sesuai dengan pendapatnya setelah itu dilakukan proses pengolahan data dengan menghitung masing-masing indikator variable dengan menggunakan skala likert Penyebaran kuesioner dilakukan pada minggu ke-3 bulan juni 2009, kemudian dari hipotesis yang disimpulkan dilakukan analisis dengan menggunakan metode Chi Square.
·         Model penelitian : Mathematic (Simbolic ) Model
§  Instrumen Skala Likert

Hipotesis Penelitian
H1: Konsumen tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh kios “Kumala Taylor“
H2: Konsumen puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh kios “Kumala Taylor“

Uji Chi Square (X2) adalah pengujian mengenai perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar terjadi / actual (F0) dengan frekuensi harapan / ekspektasi (Fe) yang didasarkan atas hipotesis tertentu.
Rumus : c2 bit = (F0 – Fe) 2
                        Fe

Keputusan Wilayah Kritis


Hasil dan Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa konsumen merasa puas terhadap kinerja pelayanan yang diberikan Tawin Tailor dimana Ho ditolak c2 tabel (9,48773) < c2 hit (164,7) dan Ha diterima. Untuk itu, Kumala Taylor harus dapat mempertahankan kinerja dan pelayanan terhadap pelanggan agar terus dapat berkembang



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar