Pages

Review Jurnal Fix2

21 November, 2010


Review Jurnal
Tema / Topik   : Analisis Kepuasan Konsumen
Judul                : Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayananan Pada Toko ZAINAL ZEEN
Pengarang       : Agus Irawan   
                          Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Tahun              : 2009
Latar belakang dan Masalah : : Perkembangan dunia usaha dewasa ini sangat pesat. Sehingga perlu adanya strategi yang tepat dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha. Dalam perusahaan jasa faktor-faktor terpenting dalam pemasaran adalah pemuasan kebutuhan konsumen, konsumen menginginkan pelayanan yang baik, harga yang terjangkau, sehingga konsumen menyukai menggunakan jasa yang diberikan. oleh karena itu diperlukan analisis untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap jasa yang diberikan, yaitu menggunakan metode Chi Square.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap aspek produk, pelayanan harga dan tempat yang ada di Toko ZAINAL ZEEN.
Metodologi
·         Variabel : Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Produk, Pelayanan, Harga, dan Tempat.
·         Data : Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh berdasarkan penelitian kuesioner yang langsung terhadap 50 responden, yang dikatakan sebagai sampel dengan jumlah 10 pertanyaan selama periode bulan juni 2009, kemudian penyebaran kuesioner diolah menggunakan skala likert, yaitu :        Mutu Sangat Puas (SP) dengan bobot 5, Puas (P) dengan bobot 4, Cukup Puas (CP) dengan bobot 3, Tidak Puas (TP) dengan bobot 2, Sangat Tidak Puas (STP) dengan bobot 1 dan dianalisis menggunakan Uji Chi Square.
·         Tahapan Penelitian : Dalam penelitian ini data didapat melalui observasi secara langsung untuk mengumpulkan kuesioner yang dibagikan pada 50 responden, sebagai sampel dengan memberikan 10 pertanyaan kemudian responden diminta untuk memberikan jawaban-jawaban yang paling sesuai dengan pendapatnya setelah itu dilakukan proses pengolahan data dengan menghitung masing-masing indikator variable dengan menggunakan skala likert Penyebaran kuesioner dilakukan pada minggu pertama pada hari selasa, kamis dan sabtu sejumlah 25 responden, diminggu kedua penyebaran dilakukan selama 3 hari berturut-turut, yaitu pada hari senin, selasa dan rabu, kemudian dari hipotesis yang disimpulkan dilakukan analisis dengan menggunakan metode Chi Square.
·         Model penelitian : Mathematic (Simbolic ) Model
§  Instrumen Skala Likert

Untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap Toko Zainal Zeen dipergunakan skala likert, dengan cara menhitung :
Nilai Tertinggi  = Total Responden x Bobot Terbesar
Nilai Terendah  = Total Responden x Bobot Terkecil
Jarak                 = Nilai Tertinggi – Nilai Terendah
Interval             = Jarak : Banyaknya Kelas
§  Hipotesis Penelitian
H1: Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan dan produk Toko Zainal Zeen
H2: Konsumen merapa puas terhadap pelayanan dan produk Toko Zainal Zeen

§  Chi Square
Metode Chi Square ditunjukan untuk menguji apakah ada perbedaan yang cukup berarti (signifikan antara jumlah pengamatan suatu objek pada tiap klasifikasinya terhadap nilai harapan), dengan rumus : c2 bit = (F0 – Fe) 2
                                                      Fe

Hasil dan Kesimpulan
Hasil
·   Dimensi Produk
§  Produk yang ditawarkan Toko Zaenal Zeen beragam
Dengan nilai tertinggi 84, nilai terendah 0, skor 185, nilai rata-rata 276,5 yang berarti intrprestasi menyatakan bahwa konsumen puas.
§  Kualitas / Mutu dari produk di Toko Zaenal Zeen bagus
Dengan nilai tertinggi 84, nilai terendah 0, skor 183, nilai rata-rata 276,5 yang berarti intrprestasi menyatakan bahwa konsumen puas.
·   Dimensi Pelayanan
§  Keramahan para pelayan
Dengan nilai tertinggi 84, nilai terendah 1, skor 184, nilai rata-rata 177,75 yang berarti interprestasi menyatakan bahwa konsumen puas.
§  Kesigapan para pelayan dalam melayani konsumen
Dengan nilai tertinggi 88, nilai terendah 0, skor 176, nilai rata-rata 177,75 yang berarti interprestasi menyatakan bahwa konsumen puas.
§  Kecepatan Kasir dalam berinteraksi
Dengan nilai tertinggi 88, nilai terendah 0, skor 174, nilai rata-rata 177,75 yang berarti interprestasi menyatakan bahwa konsumen puas.
§  Ketelitian Kasir dalam berinteraksi
Dengan nilai tertinggi 80, nilai terendah 0, skor 177, nilai rata-rata 177,75 yang berarti interprestasi menyatakan bahwa konsumen puas.
·   Dimensi Harga
§  Harga-Harga yang ditawarkan terjangkau
Dengan nilai tertinggi 87, nilai terendah 0, skor 173, nilai rata-rata 171 yang berarti interprestasi menyatakan bahwa konsumen puas.
§  Harga yang ditawarkan bersaing dengan took sekitar
Dengan nilai tertinggi 80, nilai terendah 0, skor 169, nilai rata-rata 171 yang berarti interprestasi menyatakan bahwa konsumen cukup puas.
·   Dimensi Tempat
§  Suasana toko yang nyaman
Dengan nilai tertinggi 80, nilai terendah 0, skor 188, nilai rata-rata 194,5 yang berarti interprestasi menyatakan bahwa konsumen cukup puas.
§  Lokasi yang strategis
Dengan nilai tertinggi 95, nilai terendah 0, skor 201, nilai rata-rata 194,5 yang berarti interprestasi menyatakan bahwa konsumen cukup puas.
Dari perhitungan tersebut jumlah keseluruhan rata-rata pada aspek produk, pelayanan, harga dan tempat adalah 204,93 yang berarti interprestasi menyatakan bahwa konsumen merasa puas terhadap Toko Zainal Zeen.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis terhadap pelayanan yang diberikan Toko Zainal Zeen dari 50 responden menggunkan analisis Chi Square didapat bahwa chi square hitung (37,98) > dari c2  tabel (26,29), maka tolak Ho dan terima Ha. Jadi pelanggan pada Toko Zainal Zeen merasa puas terhadap pelayanan atas kinerja yang telah diberikan, baik itu dalam dimensi produk, pelayanan, harga dan tempat.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar