Pages

Revisi Review Jurnal3

01 November, 2010


Revisi Review Jurnal
Tema / Topik       : Analisis Maksimalisasi Keuntungan dengan Menggunakan Metode Simpleks
Judul                 : ANALISIS MAKSIMALISASI KEUNTUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS PADA INDUSTRI SYAKAD’S FAMILY
Pengarang            : Desiana Ningsih                              
                              Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Tahun                   : 2005
Latar belakang dan Masalah : Dengan tingginya harga-harga produksi dalam negara yang kondisi perekonomianya belum stabil, hal yang paling penting yang harus dilakukan oleh banyak perusahaan saat ini adalah bagaimana agar perusahaanya tetap bertahan dalam kondisi peerekonomian yang belum stabil untuk itu perusahaan harus mengetahui banyaknya produk yang harus diproduksi dengan kualitas yang baik agar mendapatkan keuntungan yang maksimal dari produk yang dijualnya, seperti pada industry SYAKAD’S FAMILY selama menjalankan usahanya belum mengetahui titik penjualan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari setiap diadakanya produksi,maka untuk mengetahui kombinasi produk yang optimal yang harus diproduksi agar dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal maka dapat menggunakan suatu metode yang dapat mengatasi masalah ini yaitu di dalam linear programming dengan menggunakan metode simpleks.
Tujuan Penelitian :
1.       Untuk mengetahui kombinasi produk yang optimal agar dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.
2.       Untuk mengetahuijumlah keuntungan maksimal perusahaan setelah menggunakan metode simpleks.
Metodologi
·         Variabel : Sebagai variable independen yaitu X1, X2, X3,X4 sedangkan variable dependennya yaitu Zmaks laba atau maksimalisasi keuntungan.
·         Data : Data yang digunakan adalah data primer dalam pengumpulan data melalui studi lapangan, yaitu :
        X1 = Jumlah organizer eksklusif syakad’s
        X2 = Jumlah organizer mini eksklusif syakad’s
        X3 = Jumlah dompet pria
        X4 = Jumlah dompet wanita
·         Tahapan Penelitian : Dalam penelitian ini perhitungan dilakukan dengan cara menghitung keuntungan maksimal dalam bulan Februari 2005 dengan membandingkan empat jenis produk yaitu organizer eksklusif syakad’s, organizer mini eksklusif syakad’s, dompet pria dan dompet wanita dan mencari produksi yang optimal untuk mencapai keuntungan yang maksimal.
·         Model penelitian : Mathematic (Simbolic ) Model
Menggunakan Metode Simpleks
§         Memaksimumkan Fungsi Tujuan
Memaksimumkan Zmaks = C1X1 + C2X2 + C3X3 + ….. + CnXn
§         Menentukan Fungsi Kendala
1.    a11X1 + a12X2 + a13X3 + ……………. + a1nXn £ b1
2.    a21X1 + a22X2 + a23X3 +………………+ a2nXn £ b2
:
:
M) am1X1 + a22X2 + am3X3 + ………. + amn Xn £ bm
Dan
X1≥ 0, X2≥ 0, …… Xn ≥0

Hasil dan Kesimpulan
Untuk memperoleh keuntungan yang maksimal pada bulan Februari sebaiknya industry SYAKAD’S FAMILY melakukan kombinasi produk yaitu organizer eksklusif syakad’s dengan jumlah produksi 2000, untuk organizer mini eksklusif syakad’s dan dompet wanita tidak perlu diproduksi, dan keuntungan yang diperoleh sebesar Rp. 25.100.000 per bulan. Sebelum menggunakan metode simpleks industry syakad’s family hanya memperoleh keuntungan sebesar Rp. 18.435.000 per bulan dengan jumlah produksi 700 organizer eksklusif syakad’s, 800 organizer mini eksklusif syakad’s, 500 dompet pria dan 500 dompet wanita. Berdasarkan data terebut terdapat selisih keuntungan sebesar Rp. 6.665.000.
Usulan Lanjutan dan Saran
Untuk mencapai maksimalisasi keuntungan maka perusahaan dapat menggunakan metode simpleks agar dapat mengetahui kombinasi produk yang diproduksi menjadi optimal.






Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar