Pages

Pancasila Sebagai Pedoman Hidup

08 Oktober, 2009


Ada pandangan yang menyatakan bahwa lahirnya pancasila diihlami gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain. Dan ada yang mengatakan bahwa pancasila berakar pada kepribadian bangsa Indonesia sendiri.

Apakah dari dua pernyataan tersebut tidak saling bertentangan, dan apakah memang pancasila sebagai ideologi gado-gado?
Pancasila digali dari pandangan hidup bangsa indonesia, yang merupakan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia , Sehingga dapat dikatakan pancasila itu dibuat dari bahan dalam  negeri, bahan asli murni dan merupakan kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Sedangkan pandangan yang menyatakan bahwa lahirnya pancasila diihlami gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain adalah salah karena pancasila Pancasila adalah hasil berpikir/pemikiran yang sedalam-dalamnya dari bangsa Indonesia yang dianggap, dipercaya dan diyakini sebagai sesuatu (kenyataan, norma-norma, nilai-nilai) yang paling benar, paling adil, paling bijaksana, paling baik dan paling sesuai bagi bangsa Indonesia Agama merupakan pandangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari, termasuk hidup berorganisasi. Pancasila juga merupakan pedoman dalam semua segi kehidupan berbangsa dan bernegaradi Indonesia.

Apakah itu berarti meng-agama-kan pancasila?
Pancasila dipergunakan sebagai pegangan hidup bangsa, penjelmaan falsafah hidup bangsa dalam pelaksanaan hidup sehari-hari. Semua tingkah laku dan tindak/perbuatan setiap manusia Indonesia harus dijiwai dan merupakan pancaran dari semua sila pancasila.namun tidak bertentangan dengan norma-norma agama. Sedangkan agama merupakan pedoman atau pondasi bagi manusia yang membatasi dan mengatur baik buruknya tingkah laku manusia ,di dalam agama juga terdapat norma dan hukum yang berlaku dimana aturan di dalamnya wajib di taati. Jadi, jika pancasila yang dijadikan sebagai pedoman hidup dikatakan berarti meng-agama-kan pancasila itu adalah salah karena agama dan pancasila berdiri sendiri, meskipun fungsinnya sama sebagai pedoma hidup manusia namun kandungan di dalamnnya berbeda, pancasila terkandung di dalamnya lima sila sedangkan agama terkandung di dalamnya aturan-aturan yang wajib di taati yang mengatur baik buruknnya segala tingkah laku manusia dan terdapat hukuman jika melanggarnnya.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar