Pages

Perputaran Karyawan dalam Usaha Pak Mien

27 September, 2009


             Bel tanda sekolah telah usai berdering. Seperti biasa aku dan teman – teman berencana untuk makan bakso ditempat favorit kami. Nama tempat nya adalah warung bakso Pak Mien. Bakso yang disajikan disana sangat enak dan harganya sesuai dengan kantong kami yang masih pelajar.  Seperti nama warungnya, pemilik warung ini adalah Pak Mien yang meskipun sudah bisa dibilang tua tetapi tetap sigap melayani pelanggan dengan baksonya yang enak dan pasti kebersihan tempatnya terjaga, disertai dengan senyumnya yang selalu ramah pasti akan membuat setiap pelanggannya kembali untuk terus dapat mencicipi baksonya.
            Warung bakso Pak Mien berdiri sejak tahun 2002. pak mien menyewa sebuah garasi dari seorang warga yang bertempat tinggal tidak jauh dari sekolah ku, selain disewakan pemilik garasi juga menitipkan beberapa minuman untuk melengkapi bakso yang disajikan. Meski keuntungan yang didapat hanya berasal dari penjualan bakso tapi pak mien cukup puas atas omset yang didapatkan.
Letak warung bakso pak mien cukup strategis hanya beberapa meter dari sekolahku dan ada beberapa sekolah disekitar warung pak mien. warung bakso ini selalu ramai diisi oleh para pengunjung dari berbagai kalangan, sebagian besar pengunjung adalah pelajar yang sering menjadikan warung pa mien sebagai tempat berkumpul seusai sekolah. Ditemani oleh istrinya yang kerap disapa bu mien, pak mien mengelola sendiri warung baksonya. Namun karena pelanggannya yang kian ramai, bu mien mengajak adik perempuan yang ditemani suaminya untuk ikut membantu dalam melayani pengunjung.

            Setelah lama tidak mengunjungi warung bakso pak mien karena aku sudah lulus sekolah dan sekarang kuliah ditempat yang jauh dari tempat pak mien berjualan. Sekarang warung bakso itu masih tetap ramai, hanya saja tidak seperti bayanganku dimana warung itu akan bertambah besar atau bahkan akan memiliki banyak cabang. Warung bakso itu tetap sama masih berada di dalam garasi yang direnovasi menjadi sebuah warung. Baksonya masih tetap enak, senyum pun masih sering terlihat dari wajah pak mien. Hanya saja kali ini aku hanya melihat seorang pegawai yang membantu pak mien.
Ketika kutanyakan kepada bu mien kemana suami adiknnya yang biasa membantu melayani pelanggan, bu mien menjawab kalau beliau telah mendapatkan pekerjaan ditempat lain yang kupikir pasti pekerjaannya lebih menjanjikan bila dibandingkan dengan hanya menjadi pelayan ditempat ini. Pak mien dan istrinnya membiarkannya pergi dan memilih pekerjaan lain. Karena sistem penggajiannya pun hanya dibayarkan atas sukarela yang diberikan per hari oleh pak mien.
Perekrutan dan perputaran karyawan yang bekerja di warung ini pun hanya berdasarkan keinginan dan persetujuan dari pemilik warung. Jika membutuhkan karyawan untuk membantu melayani pelanggan cukup membawa saudara-saudarnya yang tingggal di kampung dan tidak bekerja. Tidak ada aturan dalam perekrutan karyawan ataupun perputaran pegawai dalam UKM ini. Sehingga perkembangan pada warung bakso milik pak mien sulit dicapai karena tidak ada target yang harus dicapai, hanya usaha mendapatkan keuntungan dalam penjualan.
Namun jika kita lihat dalam  sebuah perusahaan perputaran pegawai harus dilakukan agar kineja karyawan tidak mengalami fluktuasi. Kondisi seperti itu diduga ada hubungannya dengan terlalu lamanya seseorang dalam periode kerja di satu unit atau di satu pekerjaan saja. Akibatnya timbul kebosanan dan bahkan kejenuhan di kalangan mereka. Dalam konteks pengembangan sumberdaya manusia kondisi seperti itu tidak sehat. Maka manajemen seharusnya menerapkan kebijakan rotasi pekerjaan/karyawan secara berkala. kebijakan seperti itu harus didasarkan pada data dan informasi akurat mengenai kinerja individu, pengalaman kerja di unit, keterlibatan pelatihan, dan perilaku karyawan. Kemudian perlu dilakukan sosialisasi agar para karyawan tidak merasa diperlakukan secara tidak adil. Hal lain yang penting juga dipertimbangkan bahwa rotasi pekerjaan harus berbasis kompetensi dari karyawan bersangkutan. Mereka harus disiapkan lebih dahulu paling tidak dalam bentuk orientasi di tempat pekerjaan yang baru.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar